Ponsel Dapat Tingkatkan Risiko Depresi Remaja



Menurut penelitian, catatan depresi meningkat 37 dari akhir 2014, satu dari enam remaja-remaja yang  melaporkan bahwa mreka mengalami depresi dalam satu tahun terakhir.

Ponsel Dapat Tingkatkan Risiko Depresi RemajaDipimpin oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health,dari tim penelitian mreka menganalisis data Survei Nasional Penggunaan Obat dan Kesehatan pada remaja dan orang dewasa  tahun 2005 hinga 2014 untuk melihat tren depresi.

Dikenal juga sebagai depresi klinis,  depresi itu sendiri biasanya  terjadi ketika seseorang mengalami perubahan suasana hati yang sangat drastis, mudah merasa tertekan, atau  mudah kehilangan minat, atau kesenangan dalam beraktivitas sehari-hari, secara konsisten selama minimal dua minggu.

Akan tetapi  Secara total, jumblah peserta penelitian terdiri dari 176.245 remaja berusia 12 hinga 17 tahun dan 180.459 orang dewasa yang berusia 18 sampai 25 tahun. Peserta diberitahu apa saja gejala depresi dan diminta aggar melaporkan apakah mereka pernah mengalami salah satu gejala tersebut di tahun sebelumnya.

Namun Laporan mengungkapkan bahwa di tahun 2005, sekitar 8,7 persen remaja pernah mengalami episode depresi di  satu tahun terakhir,  angka ini terus  meningkat menjadi 12,3 persen di tahun 2015.

Di kalangan gadis-gadis remaja, angka ini jauh lebih tinggi dan, meningkat dari 13,1 persen pada tahun 2005 hingga menjadi 17,3 persen pada tahun 2015 yang lalu.

Meskipun smua itu hanyalah temuan yang  didasarkan pada laporan diri bukan pada diagnosa klinis, yang mungkin saja dapat memiliki kesalahan, hasilnya tetapnya juga mengkhawatirkan.

kepala peneliti Ramin Mojtabai memberikan komentar, "Ini menunjukkan kepada kita bahwa semakin banyak remaja di luar sana yang tidak mendapat penanganan depresi dengan baik dan benar.”

“kita juga, sbaggai  orangtua, juga perlu membuat terobosan baru dalam perawatan dan kesehatan mental untuk populasi ini. juga Sangat penting untuk menemukan cara untuk membantu remaja mengelola depresi mereka secara sehat.”

Namun tim peneliti tidak yakin bahwa apa yang menyebabkan kenaikan angka depresi, di kalangan anak muda, mereka hanya menyebutkan bahwa penggunaan ponsel bisa menjadi salah satu penyebab utama depresi.

Penggunaan ponsel yang berlebihan dan tidak sehat di kalangan remaja telah dikaitkan dengan perasaan depresi dikarnakan akibat potensi cyberbullying melalui ponsel, khususnya di kalangan remaja-remaja  yang sering menggunakan ponsel .

Postingan terkait:

"Ponsel Dapat Tingkatkan Risiko Depresi Remaja"

Post a Comment