Manfaat Membatasi anak bermain Gadget



Manfaat Membatasi anak bermain Gadget
Gadget memang sudah jadi kebutuhan sehari-hari di zaman modern seperti saat ini. Seringkali kelekatan seseorang dengan gadgetnya bisa membuat iya lupa waktu.
Dengan Teknologi yang semakin canggih seperti saat ini memang membuat komunikasi semakin mudah dan murah. Akan Tetapi, keterikatan pada gadget bukan cuma membuat seseorang kurang bersosialisasi, tapi juga membahayakan diri, conohnya seperti menyetir sambil sibuk membalas pesan.

Stimulus yang kita dapat dari gadget ternyata bisa menyebabkan rasa senang seperti efek kecanduan. Namun Pada balita, kebiasaan bermain gadget diketahui dapat menghambat stimulus fisik atau motorik anak ,ia juga dapat menghambat perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak itu sendiri.

Ada juga beberapa kasus yang terkait banyak anak kesulitan menggenggam sesuatu, seperti pegang pensil. Ketika bermain gadget, Motorik halusnya enggak terstimulus dengan baik, motorik kasarnya juga karena dia lebih sering duduk dan bermain gadget,"Ucap psikolog”
Bagi kebanyakan orang modern, “smartphone” bukan lagi sekedar alat, tapi juga sudah menimbulkan keterikatan. pada benda ini.  “Seperti hewan yang menurut pada tuannya” kita langsung datang saat gadget memanggil, dan menghentikan apa yang sedang kita lakukan.

Juga Penelitian menunjukkan, bahwa ikatan yang terlalu erat manusia itu sendiri dengan gadgetnya bisa membuat kemampuan empati manusia berkurang. dan Gangguan terus menerus dari gadget juga akan membuat kemampuan konsentrasi  manusia juga akan menurun.

Kita juga bisa menjadi sangat tidak fokus akan Pekerjaan di karnakan kita sibuk bolak-balik melihat gadget dan tugas yang tengah dilakukan. Penelitian tahun 2006 menyimpulkan, interupsi seperti itu membuat kemampuan berpikir, dan belajar,  mengenali sebab dan akibat, menjadi sangat tumpul.

Untuk mengembalikan keseimbangan pada kehidupan kita, mulailah dengan membuat batasan.contohnya, mematikan atau meletakan gadget saat sedang makan bersama atau di kamar tidur. '

Walau awalnya terasa berat berpisah dengan gadget kesayangan, tapi setelah beberapa minggu atau bulan, Anda akan merasakan komunikasi dengan keluarga akan meningkat.
Waktu yang kita habiskan untuk sibuk sendiri dengan gadget bisa kita alihkan untuk quality time dengan keluarga dan orang terkasih. Tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Sebagai orang tua membatasi penggunaan gadget di rumah juga bisa menjadi contoh yang sangat baik bagi sibuah hati. Tentu Anda tak bisa melarang anak-anak memainkan gadget,  jika Anda sendiri terus menerus menunduk dan menatap layar bukan.

Postingan terkait:

"Manfaat Membatasi anak bermain Gadget"

Post a Comment