Persamaan dan perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan


Hallo sobat blogoo-bloging kali ini kita  akan membahas sedikit tentanng persamaan dan perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Dalam  Akuntansi itu sendiri antaralain adalah, penjabaran, pengukuran atau juga bisa di sebut pemberian kepastian mengenai sebuah informasi yang nantinya akan membantu, investor, manajer,otoritas pajak dan pembuat keputusan lainnya untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam sebuah perusahaan atau organisasi, dan lembaga pemerintah.



"Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan lainya. Di kalangan masyarakat luas, akuntansi itu sendri dikenal sebagai (bahasa bisnis) tujuannya, Akuntansi untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang tepat akurat supaya dapat dimanfaatkan oleh pengambil kebijakan, manajer,  dan pihak berkepentingan lainnya, seperti kreditur, atau pemegang saham. Dalam  Pencatatan harian yang terlibat dalam tahap ini dikenal juga  dengan istilah pembukuan.



Akuntansi Manajemen

“Akuntansi manajemen”, sesuai dengan namanya ini adalah bagian akuntansi yang menangani pelaporan keuangan yang bersifat internal.dalam Pengguna laporan keuangan yang dibuat oleh bagian akuntansi manajemen adalah para manajer atau eksekutif perusahaan itusendiri. Laporan keuangan yang didapat dari akuntansi manajemen ini tidak ditentukan oleh suatu periode atau kurun waktu tertentu. jadi pelaporan tersebut bisa dikeluarkan secara harian, mingguan, bulanan. Laporan yang dikeluarkan berupa laporan kas, laporan gaji karyawan, laporan penjualan,laporan laba rugi,  laporan biaya dll.

Laporan keuangan yang dikeluarkan oleh akuntansi manajemen lebih spesifik. Dalam Laporan tersebut biasanya dapat mencangkup kegiatan keuangan sebuah departemen atau cabang dari suatu perusahaan. Ini biasanya  berbeda dengan akuntansi keuangan,dimana dalam isi laporan keuangan dari akuntansi manajemen ini bersifat lebih rinci dan detail. Sehingga laporan yang dikeluarkan sebuah perusahaan bisa berlembar-lembar. Terkadang laporan tersebut bisa berupa diagram atau statistik suatu kegiatan perusahaan.

Dalam kasus ini Sumber data yang digunakan untuk membuat sebuah laporan keuangan akuntansi manajemen adalah semua data yang berisikan kegiatan suatu perusahaan. Laporan yang dikeluarkan oleh akuntansi manajemen biasanya tidak memiliki standar penyusunan secara global. dalam penyajian atau penyusunan laporan keuangan disesuaikan dengan aturan sebuah perusahaan. Hal Yang terpenting adalah laporan yang terkait memiliki tingkat akurasi dan relevansi dengan suatu kegiatan perusahaan tersebut. Dengan ini isi laporan yang dikeluarkan akan berbeda antara satu dan lainnya tergantung siapa yang menggunakannya. Kualitas laporan akuntansi manajemen dinilai langsung oleh penggunanya. Sehingga perlu pendekatan atau metode penyajian khusus yang digunakan tergantung kepada siapa laporan tersebut dilampirkan.

Akuntansi manajemen

1.       sangat luas dan multi disiplin
2.       tidak ada aturan yang mengikat
3.       penekanan pada masa mendatang
4.       informasi keuangan dan non-keuangan bersifat subjektif
5.        fokus internal
6.       evaluasi dan kepuasan internal didasarkan atas informasi yang sangat terperinci

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan adalah spesialisasi akuntansi yang menangani laporan keuangan perusahaan yang bersifat eksternal. Dalam akuntansi keuangan,biasanya laporan keuangan yang dihasilkan akan digunakan oleh pihak eksternal misalnya, pemegang saham, pengawas perpajakan pemerintah dan kreditur dan lainya. Laporan keuangan yang dikeluarkan oleh bagian akuntansi keuangan bersifat periodikal atau dikeluarkan dalam kurun waktu tertentu seperti satu tahun fiskal atau pajak. Selain itu laporan keuangan yang biasanya dikeluarkan oleh akuntansi keuangan ini memiliki format standar yang jelas . Jenis-jenis laporan keuangannya berupa laporan laba-rugi, neraca,  laporan arus kas dll.

Dalam Isi laporan keuangan dari bagian akuntansi keuangan menggambarkan kondisi  perusahaan secara keseluruhan. Sehingga pembaca atau pengguna laporan ini tidak bisa melihat kondisi dari suatu cabang tertentu dari perusahaan itu sendiri. Dalam isi nya laporan keuangan dari akuntansi keuangan itu bersifat umum dan ringkas.itu sebabnya laporan keuangan yang dikeluarkan bagian akuntansi keuangan biasanya hanya terdiri dari “2-4” lembar saja.

Data yang biasanya digunakan untuk membuat suatu laporan keuangan hanya bersumber dari transaksi keuangan oleh perusahaan yang dimasukan dengan menggunakan metode jurnal entri atau “debet-kredit”. Dalam penyusunan dan pelaporannya, akuntansi keuangan harus mengikuti prosedur atau standar pelaporan keuangan yang sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (“PSAK”). Fungsi laporan keuangan dari bidang akuntansi keuangan adalah untuk menentukan deviden yang dibagikan kepada pemegang saham, perpajakan, persetujuan kredit dll. Format isi laporan keuangan dari bagian akuntansi harus sama antara satu sama yang lainnya. Di karenakan Kualitas isi laporan keuangan biasanya tidak dinilai langsung oleh pengguna, akantetapi oleh auditor independen

Akuntansi keuangan

1.       informasi mengenai perusahaan secara keseluruhan
2.       lebih independen
3.       informasi keuangan yang bersifat objektif
4.       harus mengikuti aturan tertentu dari pihak eksternal
5.       penekanan pada masa lalu (historis)
6.       fokus eksternal


“(Akuntansi manajemen dan Akuntansi keuangan) adalah jenis akuntansi yang biasa ditemui di dalam sebuah perusahaan. Meskipun kedua jenis akuntansi ini memiliki beberapa perbedaan, namun keduanya berjalan beriringan dan dibutuhkan oleh perusahaan. akuntansi manajemen dibutuhkan untuk membuat prediksi dan keputusan oleh manajemen perusahaan, Sedangkan Akuntansi keuangan dibutuhkan untuk membuktikan keadaan perusahaan kepada pihak luar”

Postingan terkait:

"Persamaan dan perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan"

Post a Comment