Penyebab Nafsu Makan Meningkat Saat Haid

Walau tidak mencatat tanggal menstruasi, biasanya dapat dengan mudah mengetahui kapan waktu haid datang , ini salah satu alasan kita tidak bisa berhenti makan.
Penyebab Nafsu Makan Menngkat Saat Haid
Sebagian besar wanita pasti pernah mengalami  kondisi  yang serupa seperti: perut tidak mudah kenyang di karenakan nafsu makan yang meningkat  menjelang haid. Sepertinya  Penyebab dan gejala ini sudah jelas, di karenakan perubahan hormonal.
Pada periode menstruasi, akan mengalami perubahan hormon kortisol , progesteron, serotonin, dan kadar magnesium.
Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Kortisol
Lebih dikenal dengan sebutan hormon stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak kortisol untuk mendukung tubuh bersiap menghadapi efek dari  menstruasi. Peningkatan kortisol juga membuat kita lebih ingin makanan manis.


2. Progesteron
Selama haid kadar hormon progesteron pada tubuh juga menurun. Kondisi itu menimbulkan gejala-gejala PMS muncul, salah satunya perasaan marah. Ini adalah alasan lain mengapa tubuh kita menginginkan karbohidrat karena dapat meningkatkan level serotonin.  Makan bisa jadi cara alternatif untuk mengembalikan mood.

3. Serotonin
Peningkatan kadar kortisol akan menyebabkan penurunan serotonin, serotonin bisa di sebut juga sebagai hormon bahagia. Karena serotonin berkurang di masa menstruasi,maka nafsu makan pun ikut meningkat. Hal ini terjadi dikarenakan ada banyak makanan yang bisa menggantikan perasaan nyaman yang biasanya ditimbulkan oleh hormon serotonin.

Namun dengan mengkonsumsi karbohidrat biasanya bisa meningkatkan level serotonin. Efeknya Semakin banyak kita makan, perasaan akan menjadi  semakin nyaman.


4. Magnesium
Apakah Anda jadi ingin ngemil cokelat saat akan haid? Ternyata itu merupakan respon normal dari tubuh dikarenakan turunnya kadar magnesium itu sendiri. Cokelat memang banyak mengandung magnesium.

Postingan terkait:

"Penyebab Nafsu Makan Meningkat Saat Haid"

Post a Comment