BAGAI MANA MENERIMA PERMINTAAN MAAF?

Ketika seseorang meminta maaf kepada Anda untuk melakukan atau mengatakan sesuatu yang salah, itu dapat sulit untuk menerima permintaan maaf itu. Ini bisa jadi karena Anda tidak yakin apakah permintaan maaf itu tulus atau Anda perlu waktu untuk menilai dan berpikir tentang permintaan maaf. Setelah Anda membuat pikiran Anda untuk menerima permintaan maaf seseorang, Anda dapat melakukannya dengan kata-kata dan dengan perbuatan. Jika permintaan maaf tampaknya asli dan tulus, Anda harus mencoba untuk menerima permintaan maaf dan kemudian bertindak atas penerimaan yang dengan berlatih pengampunan.
BAGAI MANA MENERIMA PERMINTAAN MAAF?

1 Menilai Permintaan Maaf : Memperhatikan ungkapan permintaan maaf. Luangkan waktu untuk menganalisis ungkapan seseorang ketika dia meminta maaf kepada Anda. Catatan jika dia menggunakan "Aku" pernyataan, seperti "Saya menyadari sekarang apa yang saya lakukan itu salah dan saya menyesali apa yang saya lakukan." Anda juga harus mendengarkan nada suara dan bahasa tubuhnya. Jika dia mempertahankan kontak mata dengan Anda dan suaranya terdengar tulus saat ia meminta maaf, ia mungkin mencoba untuk menjadi asli. Jika dia menghindari kontak mata dan menggunakan nada sarkastis atau flat, dia mungkin tidak berarti apa yang dia katakan. [1]

  Permintaan maaf otentik harus langsung dan tulus. contohnya: "Saya sngguh menyadari apa yang sekarang saya lakukan itu salah dan saya menyesali apa yang saya lakukan itu. Saya minta maaf atas tindakan saya dan berharap Anda dapat menemukan cara untuk memaafkan saya. "

     Seseorang yang pemalu, sosial cemas, atau autis mungkin menghindari kontak mata saat benar-benar berarti permintaan maaf itu. Perhatikan setiap kalimat pasif agresif di permintaan maaf. Ini mungkin merupakan tanda permintaan maaf tidak asli. Dia mungkin menggunakan "Aku" pernyataan tapi dia juga menunjukkan bagaimana Anda salah atau bagaimana Anda memaksanya untuk bertindak buruk. Jenis kalimat bisa menjadi tanda bahwa permintaan maaf tidak tulus dan benar-benar cara bagi orang untuk melemparkan kesalahan ke Anda atau tidak harus berurusan dengan konsekuensi dari tindakannya. [2]


     Misalnya, permintaan maaf pasif agresif mungkin: "Saya meminta Anda untuk pergi dengan saya ke pesta tapi Anda menolak, jadi aku akhirnya pergi sendirian dan berbohong kepada Anda tentang hal itu. Jika Anda telah mengatakan ya di tempat pertama, saya tidak akan harus berbohong. Yang mengatakan, saya minta maaf. "Orang ini mungkin tidak memberikan permintaan maaf otentik dan mungkin hanya bersandar pada kebiasaan buruk menggunakan permintaan maaf untuk keluar dari situasi yang lengket.

Mengandalkan insting Anda. Untuk semua analisis yang dapat Anda lakukan pada niat seseorang, sering insting Anda bisa menjadi alat ukur yang baik apakah atau tidak untuk percaya dan menerima permintaan maaf seseorang. Luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan permintaan maaf dan mendengarkan perasaan usus Anda tentang orang dan permintaan maafnya. Apakah usus Anda memberitahu Anda orang itu jujur dan tulus? Apakah Anda memiliki perasaan ragu-ragu atau kebingungan di sekitar orang tersebut dan permintaan maafnya kepada Anda?


Anda mungkin ingin mempertimbangkan konteks sekitar maaf dan seberapa baik Anda mengenal orang tersebut. Jika itu adalah teman dekat yang meminta maaf karena berperilaku buruk terhadap Anda, dan dia memiliki sejarah perilaku ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan jika dia menggunakan permintaan maaf sebagai alasan atas tindakannya. Jika anggota keluarga atau pasangan meminta maaf kepada Anda untuk sesuatu yang keluar dari karakter dan langka, Anda mungkin lebih setuju untuk menerima permintaan maaf mereka. [3]


     Orang-orang membuat kesalahan dan kebohongan atau menyakiti orang lain karena berbagai alasan. Adalah penting bahwa Anda bersedia untuk bergerak melewati kesalahan seseorang, terutama jika mereka menawarkan permintaan maaf yang tulus. Jika Anda masih mempertanyakan apakah Anda percaya nada menyesal seseorang, Anda mungkin ingin memiliki percakapan lagi dengan dia tentang keprihatinan Anda. Ini mungkin pendekatan yang lebih baik daripada menerima permintaan maaf Anda tidak percaya tulus dan sisanya benci atau marah, meski tampil baik-baik saja dengan situasi


2 Menerima Permintaan Maaf : Terima orang untuk permintaan maaf. Mulailah dengan mengatakan orang yang Anda menghargai permintaan maaf dan kesediaannya untuk menebus kesalahan. Ini bisa menjadi, "Terima kasih Saya sangat  meng menghargai permintaan maaf Anda" [4]


Hindari menyikat off permintaan maaf seseorang dengan mengatakan "oh ya udah ngk apa2 kok ". atau Menanggapi dengan nada kurang ajar dapat berakhir dengan menyakiti perasaan orang lain dan meninggalkan situasi yang belum terselesaikan. Bersedia untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada orang untuk mendapatkan keberanian untuk meminta maaf dan mengakui kesalahannya.

Jelaskan bahwa perasaan Anda terluka. Setelah Anda berterima kasih kepada orang untuk permintaan maafnya, Anda harus membuat jelas bahwa perasaan Anda terluka dan lebih spesifik tentang bagaimana orang menyakiti Anda. Ini akan menunjukkan bahwa Anda bersikap jujur tentang emosi Anda dan Anda tidak sedang santai atau kurang ajar tentang situasi. Anda mungkin berkata: "Terima kasih untuk meminta maaf. aku benar-benar terluka ketika Anda berbohong kepada saya "sunguh" Saya menghargai permohonan maaf anda , terima kasih. Smua itu telah  melukai perasaan saya ketika Anda berteriak pada saya di depan orang tua saya ". [5]



Jelas dan langsung tentang bagaimana Anda merasa ketika orang berperilaku buruk, tapi menghindari menggunakan nada agresif pasif. Cobalah untuk menjadi seperti yang tulus dan jujur sebagai orang itu ketika dia meminta maaf kepada Anda.

Mengatakan "Saya mengerti"tidak masalah". Selesai penerimaan dengan mengatakan Anda memahami mengapa orang melakukan apa yang mereka lakukan dan bahwa Anda bersedia

Postingan terkait:

"BAGAI MANA MENERIMA PERMINTAAN MAAF?"

Post a Comment